Warta Dapodik Strategi Program Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dan Masyarakat

Salam Dapodik News.
Pelaksanaan Program Kemitraan sekolah dengan keluarga dan masyarakat semoga dapat mencapai tujuan harus dilaksanakan melalaui dtrategi pelaksanaan yang sempurna terjadwal dan terorganisir.

Dalam menjalankan organisasi kemitraaan dibagi beberapa tahapan langkah yang harus dilaksanakan yaitu:

Tahapan pertama Perencanaan
Segala sesuatu yang direncanakan akan memperlihatkan hasil yang lebih baik, begitu dengan jadwal kemitraan akan berjalan sesuai dengan impian kalau memiliki persiapan yang matang.
1. Analisis Kebutuhan 
Tahapan analisi kebutuhan dilakukan oleh pihak sekolah sebagai inisiator kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. melalui langkah-langkah berikut:
  1. Analisis kebutuhan jadwal pendidikan keluarga ditinjau dari penerima didik, orang tua/wali, sekolah, dan masyarakat. dilakukan melalui acara jajak pendapat yang melibatkan unsur-unsur dari pihak sekolah, penerima didik, keluarga, dan masyarakat; 
  2. Identifikasi kemitraan yang pernah dilakukan sebelumnya antara sekolah, orang tua/wali, dan masyarakat, sehingga dapat menjadi pola pada acara selanjutnya;
  3. Identifikasi potensi orang tua/wali, dan masyarakat sebagai mitra sekolah; 
  4. Temukan kesamaan kebutuhan di antara penerima didik, orang tua/wali, sekolah, dan masyarakat sebagai dasar yang baik untuk memulai kemitraan; 
  5. Atas dasar hasil analisis kebutuhan tersebut, rancang jadwal kemitraan yang akan dilakukan; dan
  6. Tetapkan jadwal kemitraan yang akan dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan skala prioritas.
2. Penyusunan Rencana Aksi Program Kemitraan
Atas dasar hasil analisis kebutuhan, selanjutnya rancang jadwal kemitraan yang akan dikembangkan dan disusun dalam bentuk Rencana Aksi Program Kemitraan (RAPK).
Penyusunan RAPK dilakukan melalui langkah-langkah berikut: 
  1. Adakan musyawarah yang melibatkan pihak sekolah, keluarga/orang tua/wali, dan masyarakat/komite sekolah; 
  2. Rumuskan tujuan kemitraan yang dibangun berbasis pada data dan fakta hasil analisis kebutuhan dan penentuan skala prioritas. Rumusan tersebut harus dipahami dan disepakati oleh semua pihak; 
  3. Rumuskan jadwal dan acara kemitraan yang mengacu pada tujuan kemitraan yang sudah disepakati; 
  4. Susun draf RAPK dalam format yang sederhana dan mudah dipahami.
Format draf RAPK terdiri atas: 
1) Latar Belakang;
2) Rumusan tujuan kemitraan; dan
3) Program dan kegiatan

Tahapan kedua pengorganisasian
Pengorganisasian jadwal kemitraan dapat diawali dengan acara yang dikemas secara informal agar orang tua/wali dan masyarakat merasa nyaman dan tergerak untuk berpartisipasi secara aktif. Pengorganisasian jadwal kemitraan ialah proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam acara yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan jadwal kemitraan, menempatkan orang-orang pada setiap kegiatan, menyediakan alat-alat yang diperlukan, menetapkan wewenang yang secara relatif didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. 
Secara perlahan pola kemitraan diarahkan kepada bentuk acara yang formal. Media organisasi yang dapat dikembangkan di sekolah, di antaranya:
1. Paguyuban Orang Tua/Wali di Tingkat Kelas
2. Membentuk Jaringan Komunikasi dan Informasi 

Tahapan ketiga pelaksanaan jadwal kemitraan
1. Pengembangan Kapasitas Warga Sekolah, dapat dilakukan dengan aneka macam angkah sebagai berikut:

  • Diskusi ihwal hakikat kemitraan pendidikan yang melibatkan narasumber ahli;
  • Pelibatan semua komponen warga sekolah dalam penyusunan RAPK; dan
  • Sosialisasi ihwal kemitraan di lingkungan warga sekolah. 
2. Pertemuan Wali Kelas dengan Orang Tua/Wali, sekolah dapat menyyusun jadwal peremuan dengan orang tua/wali terutama pada momen tertentu ibarat jadwal di bawah ini:

Jadwal Pelibatan Orang Tua/Walidi sekolah

Tahapan keempat supervisi dan evaluasi
1. Supervisi 
Supervisi jadwal kemitraan sekolah, keluarga, dan masyarakat ialah acara yang dilakukan dalam rangka memastikan efektivitas pelaksanaan jadwal pendidikan keluarga di sekolah. 

2. Evaluasi 
Evaluasi jadwal kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dilakukan untuk mengetahui efektivitas implementasi jadwal dan kemitraan terhadap pencapaian tujuan, baik di tingkat keluarga, sekolah, dan masyarakat atau komite sekolah.
a.  Evaluasi Diri Keluarga
b. Evaluasi Diri Satuan Pendidikan

Format adminstrasi Pelaksanaan dan Instrument evaluasi dapat di unduh pada tautan yang tersedia
Unduh disini
0 Komentar untuk "Warta Dapodik Strategi Program Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dan Masyarakat"

Back To Top