11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini

Guru merupakan salah satu profesi yang dianggap sulit dijalani sebab Sebagai guru yang yang berada pada periode sekarang yang dituntut memiliki pembaharuan dalam segala hal termasuk dalam hal teknik mengajar ada baiknya kita mengembangkan teknik mengajar yang digunakan guru masa kini. sebelumnya admin ingin menjelaskan sedikit perihal pengertian teknik mengajar.

Adapun teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Berikut kami bagikan 11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini melalui goresan pena dibawah. Selamat membaca

1. Creative
gambar teknik mengajar guru masa kini kreatif

Sebagian guru mengharapkan bahkan mengharuskan siswa berpikir kreatif, tapi pernahkah guru berpikir awal tombak seorang siswa menjadi kreatif yaitu dari seorang guru. Seorang siswa terpacu untuk menjadi kreatif setelah siswa memperhatikan bagaimana seorang guru menjadi kreatif di depan para siswanya. Termotivasi menjadi kreatif setelah siswa berpikir dan ingin menjadi kreatif menyerupai gurunya. Sebagai sorang guru yang menjadi panutan dan bahkan guru sering disebut diguguh dan ditiru merupakan parameter bagaimana kecerdasan siswa atau kreatif siswa dilihat dari seberapa cerdas dan kreatifnya guru yang mengajar mereka.

2. Giving and receiving
gambar teknik mengajar guru masa kini 2017

Karena tidak ada insan yang tepat di dunia, maka begitu juga dengan siswa tidak ada siswa yang tepat kecerdasannya dan tidak ada guru yang tepat dalam segala hal. Antara siswa dan guru harus saling memahami abjad masing-masing sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara keduanya. Sebagai seorang guru harus memahami setiap abjad siswa yang diajarnya, menghadapi setiap siswa dengan cara yang berbeda-beda sebab setiap siswa memiliki kekurangan masing-masing yang harus dimaklumi oleh guru.

3. Overt/extroverted
gambar Teknik Mengajar Guru Masa Kini

Ada pentingnya jikalau diantara siswa dan guru saling terbuka satu sama lain, artinya siswa dibutuhkan selalu berkata jujur dalam segala hal jikalau berhadapan dengan guru. Misalnya lebih jujur ketika mereka tidak memahami bahan pembelajaran yang guru jelaskan sebelumnya sehingga guru tidak marah jikalau menyuruh siswa mengulangi pelajaran sebelumnya. Sifat keterbukaan berkaitan dengan komunikasi yang baik antara guru dan siswa supaya menunjang proses pembelajaran terlaksana sesuai harapan.

4. Teaching questioner center

Merasa dihargai merupakan salah satu kunci menjadi nyaman ketika diajar oleh seorang guru, artinya siswa merasa dianggap ada dan ikut terlibat dalam proses pembelajaran, bukan hanya menjadi seonggok insan yang duduk atau tertidur dalam suatu ruangan.

Siswa merasa besar hati dan dihargai ketika ia memanggil atau bertanya kepada guru dan mendapat perlakuan atau feedback yang baik dari seorang guru, dengan adanya tanggapan dari guru siswa akan merasa diperhatikan dan terpacu untuk menanyakan hal gres kepada guru.

Sebagai seorang guru haruslah menjadi pendengar dan mesin penjawab yang baik bagi siswa

5. The questioner

Menjadi penjawab yang baik tentunya juga harus menjadi penanya yang baik. Parameter proses pembelajaran berhasil yaitu siswa bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan bisa menjawab segala hal yang berkaitan dalam bahan pembelajaran. Salah satu teknik pembelajaran yang ampuh dang sering dilakukan oleh guru yaitu dengan sering melontarkan pertanyaan kepada siswa, terutama kepada siswa yang tegolong mempunyai kemampuan daya ingat yang lemah sebab dengan diajukan pertanyaan para siswa akan merasa terpacu untuk mencari balasan atas pertanyaan yang dilontarkan oleh guru.

Bukan hanya bertanya dalam ruang lingkup pembelajaran, seorang guru juga boleh bertanya mengenai keadaan siswa supaya terjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa.

6. Sharing

Ilmu, pengetahuan, perkembangan zaman, pembaharuan dunia merupakan hal yang selalu menarik menjadi topik perbincangan antara guru dan siswa. Ilmu pengetahuan yang termuat dalam buku yang dihubungkan dengan perkembangan/penemuan gres yang terkait dengan bahan pembelajaran yang sedang dibahas merupakan makanan lezat yang disenangi oleh siswa sebab siswa merasa menerima informasi yang gres bukan hanya informasi dari buku yang baku tetapi juga pengetahuan gres yang didapatkan dari guru.

Seorang guru dituntut untuk selalu update dan mengetahui pembaharuan ilmu pengetahuan yang sedang berkembang sekarang. Sehingga pengetahuan siswa semakin berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

Berbagi ilmu merupakan peran utama bagi seorang guru namun mengembangkan pengalaman dan solusi dari permasalahan hidup juga diperbolehkan selama itu bisa membentuk abjad baik bagi siswa. artinya selain mencerdaskan otak siswa seorang guru juga bisa membentuk abjad baik dari seorang siswa.

7. Information technology (IT)
gambar ilmu teknik mengajr guru

Information technology (IT) yaitu istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu insan dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan/atau menyebarkan informasi. Hal ini juga berlaku dalam duani pendidikan dan ilmu pengetahuan. Seorang guru harus menjadi guru kekinian yang paham teknologi demi menunjang pemabaharuan ilmu pengetahuan dan pengembangan teknik mengajar. Bukan hanya mengandalkan buku, papan tulis dan spidol tapi bisa mengaplikasikan bahan pembelajaran dengan pemanfaatan komputer, proyektor dan internet. Hal ini kemungkinan akan membangkitkan minat mencar ilmu siswa sebab penggunaaan teknik pengajaran berbeda yang membuat bersemangat berada di kelas atau ruang belajar. dengan penggunaan komputer dan proyektor bukan hanya memperlihatkan goresan pena namun dikombinasikan dengan gambar (visual), bunyi (audio, musik, instrumen) dan teladan konkret dari video.

8. Focus on learning materials

Memfokuskan proses pembelajaran pada tujuan pembelajaran merupakan hal penting yang harus dilakukan guru pada ketika di kelas. Terkadang seorang guru yang menunjukkan bahan pembelajaran lupa dengan tujuan seorang guru datang ke kelas. Sebuah insiden atau kejadian atau bahkan pada ketika meberikan sebuah teladan dari bahan menjadi alasan seorang guru melupakan tujuan mereka memberikan bahan pembelajaran. Oleh sebab itu penting bagi seorang guru menuliskan atau menunjukkan point-pont pembalajaran pada slide pembelajaran sehingga secara tidak pribadi mengingatkan bahan apa saja yang harus dicapai pada proses pembelajaran.

Teknik Mengajar Guru Masa Kini/Terbaru 2017 - download dokumen word

9. Repeat things hard

Hal yang sering dilakukan siswa ketika mereka tidak paham dengan suatu bahan yaitu dengan membisu atau bahkan meninggalkan bahan yang mereka anggap sulit dipahami. Inilah pentingnya seorang guru mengetahui materi-materi pembelajaran yang dianggap sulit dan sulit dipahami oleh siswa. seorang guru tidak boleh segan menanyakan kepahaman siswa terhadap suatu bahan dan para siswa dibutuhkan tidak takut mengakui ketidakpahaman mereka pada bahan yang sulit.

Mengulangi bahan pembelajaran yang sulit hingga semua siswa memahami mater sulit tersebut merupakan solusi terbaik dari permasaahan ini. Seperti yang dibahas sebelumnya antara siswa dan guru haruslah saling memahami, terbuka, bertanya dan sharing supaya ketika terdapat permasalahan bisa diselesaikan dengan aneka macam solusi dan proses pembelajaran berjalan baik.

10. Discussion

Trik diskusi yaitu salah satu teknik yang sering digunakan oleh guru untuk menguji kemampuan verba siswa sekaligus mengakibatkan rasa percaya diri siswa untuk tampil di depan kelas. Teknik ini cukup ampuh untuk memancing bakat terpendam yang dimiliki oleh siswa. pada awalnya siswa akan sangat aib untuk tampil dan mengekplor kecerdasannya namun seiring berjalannya diskusi siswa akan terbiasa tampil dan berbicara di khalayak ramai, dengan timbulnya rasa percaya diri siswa tidak akan ragu-ragu lagi untuk memperlihatkan kemampuannya dalam segala hal.

Diskusi kelas bukan hanya acara berdikusi antara beberapa siswa dalam satu kelompok namun pada hasilnya akan mempresentasikannya di depan kelas bahkan di depan semua siswa di sekolah. Bukan hanya berdiskusi satu bahasan mata pelajaran dalam bentuk bahan yang akan ditampilkan dalam bentuk slide powerpoint namun dalam hal praktek misalnya seni, olahraga, bahkan strory telling hal ini juga bisa diterapkan.

11. Motivator

Seorang guru yang katanya yaitu supersmart sebab guru dituntut cerdas dan mengetahui segala hal yang ditanyakan siswa perihal ilmu pengetahuan, selain itu seorang guru juga harus menjadi superangel yang selalu menunjukkan teladan baik, nasehat baik hingga motivasi-motivasi super untuk membentuk abjad baik pada siswa di sela-sela waktu mencar ilmu atau proses pembelajaran berlangsung.

Hal ini bukan disebut peran embel-embel melainkan peran utama seorang guru sebab sangat sulit sekali mendekati siswa yang secara mental sulit untuk diubah sifat buruk siswa. sebagai sorang guru harus menyentuh hati siswa terlebih dahulu sebelum menyentuh otaknya, menundukkan tabiat buruk siswa dahulu gres menundukkan pikiran siswa. ketika tabiat buruk dan hati siswa telah menjelma baik kemungkinan besar proses pembelajaran akan berjalan lancar.

Demikian 11 Teknik mengajar guru yang bisa kami tuliskan melalui blog pendidikan ini. Semoga bermanfaat

0 Komentar untuk "11 Teknik Mengajar Guru Masa Kini"

Back To Top