prediksi soal ukg 2017 kelas tinggi sd

Pada postingan kali ini akan kami bagikan latihan soal-soal UKG atau UTN Untuk SD kelas tinggi terbaru tahun 2017. Adapun soal dan latihan ini telah diadaptasi dengan kisi kisi UTN tahun 2017. Kami berharap bapak dan ibu guru yang akan mengikuti acara PLPG 2017 bisa sedikit terbantu dengan adanya soal-soal latihan UKG ini. Tentunya khusus untuk guru SD saja, sedangkan untuk SMP, SMA dan SMK silahkan unduh pribadi soalnya melalui blog ini sebab sudah kami upload.

Berikut ialah prediksi soal latihan UKG PLPG 2017 yang bisa kami bagikan file nya melalui tautan yang disematkan dibawah dan juga kami tuliskan langsung.

prediksi soal ukg 2017 kelas tinggi sd - DOWNLOAD DISINI
GAMBAR prediksi soal ukg 2017 kelas tinggi sd

PILIHLAH DENGAN JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D!

1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...

A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

2) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik ekspresi (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau suara bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...

A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3) Untuk mengetahui kemampuan awal penerima didik, seorang pendidik dapat melaksanakan ...

A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang penerima didik
D. tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan berguru dapat dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced ialah ...

A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan penerima didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan berguru serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan berguru lainnya )

5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori berguru dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...

A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan taktik pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur taktik pembelajaran ialah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) Penerapan dari unsur taktik di atas dalam konteks pembelajaran ialah ...

A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi penerima didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

7) Yang ditekankan di dalam taktik pembelajaran interaktif adalah...

A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara penerima didik
C. pembelajaran didominasi isyarat dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……

A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu ……..

A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk , dapat membuatkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa penerima didik memiliki posisi sentral untuk membuatkan kompetensinya semoga menjadi insan yang beriman dan berakwa kepada Allah Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

12) Upaya guru dalam menunjukkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman berguru yang telah dialami yang paling optimal ialah dengan cara ……..

A. Guru menunjukkan tes atau pekerjaan rumah setiap simpulan pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa wacana capaian atau duduk perkara berguru yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam berguru

13) Upaya merancang pengayaan bagi penerima didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam acara guru sebagai berikut ……………

A. Memberikan suplemen materi berupa sumber asuh dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes suplemen dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan suplemen sumber baaan suplemen yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan suplemen materi berupa sumber asuh dari penerbit yang berbeda

14) Yang di maksud dengan penilaian adalah

A. Pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara penerima didik dan pendidik

15) Bentuk penilaian yang menghendaki penerima didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan peran di sebut penilaian

A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

16) Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh penerima didik. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut ialah :

A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

17) Lingkup penilaian hasil berguru mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu;

A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial

18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;

A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melaksanakan prosedur
D. pemecahan duduk perkara dan sikap

19) Konsep menyodorkan banyak sekali situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya ialah konsep dan strategi.....

A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

20) Guru memebentuk kelompok kelompok berguru dan memeberikan peran kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok menunjukkan peran dan fungsi tertentu sehingga kalau salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak dapat di selesaikan . karakteristik dari taktik pembelajaran tersebu ialah ;

A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran pribadi (direct teaching)
D. berguru kooperatf (cooperatf learning)

21) Teknologi gosip dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam acara pembelajaran kecuali

A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai materi dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk LAtihan Soal ukg 2017 kelas tinggi sd - DOWNLOAD DISINI

Demikian share prediksi soal ukg 2017 kelas tinggi sd. Untuk kelas rendah akan kami bagikan pada postingan berikutnya. Semoga bermanfaat

0 Komentar untuk "prediksi soal ukg 2017 kelas tinggi sd"

Back To Top